menu melayang

TRAINING VALIDASI METODE PENGUJIAN KIMIA

 

Training Validasi Metode Pengujian Kimia

 

Metode yang digunakan di laboratorium kimia analitik harus dievaluasi dan diuji untuk memastikan bahwa metode tersebut mampu menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan tujuan, maka metode tersebut harus divalidasi. Setiap laboratorium direkomendasikan bahwa metode yang baik harus divalidasi ulang atau memverifikasi untuk memastikan bahwa metode tersebut bekerja.

 


Materi :

Teori

Tinjauan umum validasi metode metode

Pemenuhan klausul 7.2 ISO/IEC 17025:2017

Presisi Metode

Akurasi Metode

Recovery

Limit Deteksi (LOD) dan Limit Kuantisasi (LOQ)

Linearitas

Ketangguhan

Stabilitas

Perencanaan validasi

 

Praktikum

Presisi Metode

Akurasi Metode

Recovery

Limit Deteksi (LOD) dan Limit Kuantisasi (LOQ)

Penyusunan Laporan Validasi

 

Output :

Laboratorium mampu menyusun laporan validasi metode pengujian untuk semua ruang lingkup yang diajukan

 

 ===============================

 Untuk meningkatkan kompetensi personel pengujian dalam melaksanakan analisis, Balai Laboratorium Kesehatan dan PAK pada tanggal 9 – 10 April 2019 telah diselenggarakan In House Training Validasi dan Verifikasi Metode Pengujian dengan narasumber Bpk Mulyono, STP. Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 20 orang meliputi dari Analis, Penyelia, Manajer Teknis dan Manajer Mutu.









Materi training meliputi : Tinjauan umum Klausul ISO/IEC 17025:2017 tentang validasi metode analisis, Teori dan Praktimum Validasi (Presisi, Akurasi, Limit Deteksi (LOD) dan Limit Kuantisasi (LOQ) dan Linearitas, Ketangguhan dan Stabilitas) dan dilanjutkan Prosedur dan Penyusunan Laporan Validasi


















==================================================



Tanggal 28 – 29 Oktober 2019 Balai Laboratorium Pengujian Kesehatan Ikan dan Lingkungan Prov Jateng mengadakan Training  Validasi Metode Pengujian Kimia yang diikuti oleh 15 peserta personel pengujian terdiri dari analis, penyelia, manajer teknis dan staf pendukung.



Kepala Balai Ir. Tuty Sri Lestari, MM secara langsung membuka pelatihan tersebut. Kegiatan ini menunjukkan semangat BLPKIL dalam mempertahankan predikat laboratorium terakreditasi. Beberapa materi disampaikan oleh narasumber antara lain Tinjauan umum Klausul 7.2 ISO/IEC 17025:2017, Validasi Metode Pengujian (Presisi, Akurasi, Limit Deteksi (LOD), Limit Kuantisasi (LOQ), Linearitas, Ketangguhan dan Stabilitas dan Praktikum Penyusunan Laporan Validasi




Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Jaminan Mutu Laboratorium dalam rangka memenuhi sistem mutu laboratorium ISO 17025 : 2017 Oleh sebab itu, diharapkan setelah pelatihan ini, peserta dapat lebih memahami materi pelatihan dan dapat menerapkan di laboratorium. Dengan demikian, kualitas hasil pengujian  laboratorium di BLPKIL tetap terjaga.



#TrainingValidasiMetodePengujian
#TrainingValidasiPengujianKimia
#TrainingValidasiKimia





Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

Arsip

Label