menu melayang

KOMPETENSI LABORATORIUM

Pelatihan ISO 17205

Meningkatkan Kualitas SDM Laboratorium dengan Pelatihan ISO 17025. Semakin hebat dan semakin dahsyatnya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh sebuah laboratorium, tentu akan semakin meningkatkan produktifitas laboratorium tersebut terlepas dari berbagai faktor lainnya.

 


Salah satu yang mendukung produktifitas sebuah laboratorium adalah SDM yang dimiliki laboratorium tersebut. Kami telah melayani dan membantu berbagai laboratorium juga memberikan layanan pelatihan yang dilakukan dalam bentuk pelatihan online maupun tatap muka



Metode Pelatihan

 


Terdapat beberapa pilihan metode pelatihan yang bisa anda pilih untuk menunjang pengetahuan dan pemahaman anda dalam mempelajari sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025, yaitu:

 

Online Training ISO/IEC 17025: 2017

 


Training Online adalah pelatihan jarak jauh (long distance) dengan memanfaatkan teknologi komputer dan Internet sebagai sarana belajar, sehingga belajar dapat dilakukan dimana saja secara Online.


Ruang, tempat, jarak dan waktu, sudah tidak lagi menjadi hambatan, Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat belajar. Interaksi dilakukan melalui internet. Kesempatan belajar benar-benar terbuka lebar bagi siapa saja yang membutuhkan pelatihan online ini.

 

Benefit

1.          Menghemat Biaya antara lain biaya transportasi ke tempat belajar,  penginapan dan akomodasi selama training (terutama jika peserta berada di kota lain)

2.          Menghemat waktu karena peserta tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat training,  training online ini bisa diakses dari mana saja yang memiliki akses ke Internet.

3.          Biaya pelatihan menjadi lebih hemat dan Jangkauan kelas pelatihan sangat luas, dapat diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia.

 

 

 

In House Training ISO/IEC 17025: 2017

 

Mengingat kebutuhan para peserta training yang berbeda-beda, maka kami juga menyediakan pelatihan secara in house di tempat peserta. Misalkan saja di kantor, universitas, instansi atau laboratorium sesuai permintaan.

 


In House Training adalah sebuah bentuk program pelatihan, dimana materi pelatihan, waktu serta tempat pelatihan ditentukan sesuai dengan yang diminta dan dibutuhkan oleh peserta atau laboratorium yang meminta. Umumnya pelatihan dalam bentuk in-house ini dilaksanakan oleh Laboratorium dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di tempatnya.

 

Sebuah training dapat dikataan penting untuk diberikan kepada Manajer Puncak, Manajer Mutu, Manajer Teknis, Penyelia, Analis atau staf lainnya sebagai bagian dari persyaratan kinerja, standar kompetensi atau persyaratan pendidikan lanjutan. Pelatihan pun akan sangat membantu meningkatkan kualitas SDM yang menjadi eksekutor proses bisnis atau kegiatan laboratorium lainnya. Ini pun akan sangat bermanfaat membantu SDM laboratorium mencapai titik maksimum sehingga dapat mendorong tercapainya target yang sudah ditentukan laboratorium.

 

Benefit

 

Pelatihan dalam bentuk pelatihan biasanya digelar dengan berbagai tujuan atas target atau kebutuhan tertentu sebuah laboratorium. Setidaknya In-House Training memiliki beberapa tujuan diantaranya

 

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang didayagunakan oleh laboratorium terkait. Hal ini diharapkan dapat mendukung target laboratorium dalam upaya mencapai sasaran mutu yang telah ditetapkan. Bekerja sesuai Kebijakan laboratorium.

 


Menciptakan interaksi antara peserta. Jika sebuah laboratorium atau instansi memiliki banyak departemen, maka besar kemungkinan mereka memiliki cara kerja yang berbeda, pengalaman kerja dan pengalaman hidup yang berbeda, dan memiliki kualitas yang berbeda pula. Dengan pelatihan peserta dapat bertukar informasi sehingga bukan tidak mungkin ini cara yang paling efektif untuk menciptakan standarisasi kinerja yang paling efektif. Mana yang paling bagus, mana yang paling efektif, dan mana yang terbaik bisa dibuat standar kerja di semua cabang sehingga semua cabang bisa berkembang secara merata dengan kualitas terdahsyat.

 

Mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara karyawan. Karena mereka bekerja untuk satu naungan yang sama, bukan tidak mungkin mereka tidak lagi kaku untuk sharing, bersahabat dan lebih kompak. Dengan ini keuntungan untuk laboratorium jadi sangat besar.

Meningkatkan motivasi dan budaya belajar yang berkesinambungan. Hal ini bisa mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan yang berkaitan dengan peningkatan efektifitas kerja, sehingga dapat mencari solusi  secara bersama-sama dengan kemungkinan solusi terbaik.

 

dan masih banyak sekali tujuan pelatihan maupun manfaat pelatihan yang biasanya diharapkan oleh para penyelenggara.




TEMPAT PENYELENGGARAAN PELATIHAN

 

Tempat penyelenggaraan pelatihan ditentukan oleh pihak penyenggara, bisa di kantor sendiri, hotel atau di mana pun yang dapat mendukung acara training tersebut sukses. Tempat training harus benar-benar diperhatikan, karena ketidak nyamanan tempat dapat mengganggu berlangsungnya acara. Pastikan bahwa tempat dapat mendukung efektifitas jalannya training tersebut.

 

 

PESERTA PELATIHAN

 

In-House Training justru pesertanya ditentukan oleh sendiri laboratorium yang menyenggarakan acara training tersebut. Termasuk jumlah peserta itu sendiri, instansi terkait harus menentukan sesuai dengan kesepakatan dengan pihak Trainer

 

KEUNTUNGAN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN

 

Selain dari daftar manfaat yang telah dipaparkan sebelumnya di atas, masih banyak sekali keunggulan dari pelatihan dibandingkan jenis training lainnya, diantaranya:

·        Biaya lebih murah

·        Hasil bisa lebih maksimal

·        Peserta dari 1 laboratorium sehingga tidak perlu hawatir bocornya sebuah rahasia penting / masalah intern yang terjadi di laboratorium Anda.

·        Materi lebih spesifik

 

Kami menyelenggarakan pelatihan dalam bentuk in house training yang diikuti oleh peserta baik dari laboratorium perusahaan serta dari pemerintahan. Lihat laboratorium-laboratorium & dinas yang telah menggunakan jasa kami untuk pelatihan dalam bentuk in-house training di laboratoriumnya

 

Layanan pelatihan ISO 17025 kami meliputi :

 

·        Pemahaman Standard ISO/IEC 17025 : 2017

·        Penyusunan Sistem Dokumen Mutu ISO/IEC 17025 : 2017

·        Validasi Metode Pengujian Kimia

·        Evaluasi Ketidakpastian Pengujian

·        Jaminan Mutu Hasil Pengujian

·        Audit Internal dan Kaji Ulang Manajemen

·        Analisa Risiko dan Peluang

·        Manajemen Kalibrasi

·        Teknik Kalibrasi Massa dan Volumetrik

·        Pemahaman Standard ISO/IEC 17065 : 2012

 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

Arsip

Label